SELAMAT DATANG DI BLOG BUKU HARIAN SI JAKA. JANGAN LUPA KLIK LIKE DAN TINGGALKAN KOMENTAR YANG POSITIF. TERIMA KASIH

Followers

Translate

Kamis, 11 April 2013

Sebutir Bibit Di Tanah Yang Tepat

http://bukuhariansijaka.blogspot.com

Seorang siswi telah lulus dari SMA, tetapi tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi karena tidak lulus ujian penerimaan. Lalu ia menjadi guru bantu sekolah dasar di sebuah pedesaan.

Namun belum genap sepekan mengajar, ia telah diusir oleh para muridnya. Dengan patah semangat ia pulang ke rumah. Ibunya mengusap air matanya, menghibur dirinya dengan berka...
ta, “Kepandaian dalam diri seseorang, ada orang yang dapat menuangkannya dengan mudah, ada juga orang yang sulit menuangkannya, mungkin masih ada pekerjaan lain yang lebih sesuai untuk kamu kerjakan.”

Kemudian ia pergi bekerja di tempat lain, lagi-lagi ia diusir pulang oleh majikannya, dengan alasan gerakannya kurang cekatan. Kali inipun sang ibu menasihati.

Anak gadis itu berturut-turut pernah bekerja sebagai pekerja tenun, pernah menjadi pegawai tata usaha di pasar, menjadi akuntan, tetapi tidak ada satu pun pengecualian, semuanya gagal di tengah perjalanan. Namun setiap kali anak gadis itu mengalami kegagalan dan pulang ke rumah, sang ibu selalu menghiburnya, sama sekali tidak pernah mengucapkan perkataan mengeluh.

Ketika usianya sudah menginjak 30 tahun, dengan mengandalkan sedikit kemampuannya di bidang bahasa, wanita ini menjadi seorang Guru Pembina di sebuah sekolah untuk penderita bisu – tuli.

Kemudian ia sendiri mendirikan sebuah sekolah khusus untuk orang cacat. Ia juga membuka toko di berbagai kota yang khusus menjual alat-alat keperluan yang dibutuhkan oleh para penderita cacat.

Suatu hari wanita yang telah sukses dan ternama ini bertanya pada ibunya yang sudah renta, “Ibu, kegagalan yang berturut-turut saya alami selama bertahun-tahun silam, membuat saya sendiri pun merasa masa depan ini sangat suram, akan tetapi mengapa ibu masih menaruh keyakinan pada saya?”

Sang ibu menjawab dengan bersahaja, “Sepetak tanah, jika tidak cocok ditanami gandum, kita bisa coba untuk menanaminya dengan tanaman kacang. Kalau kacang juga tidak cocok, kita bisa coba untuk menanaminya dengan buah-buahan. Kalau buah-buahan pun tidak dapat tumbuh baik, bisa kita semai dengan bibit kapas, mungkin akan ada hasilnya. Karena sebidang tanah, pasti akan cocok dengan salah satu jenis bibit tanaman, dan pasti akan dapat mendatangkan hasil saat panen tiba.”

Setelah mendengarkan perkataan dari ibunya, wanita ini meneteskan air mata. Ia memahami, sebenarnya cinta kasih dan keyakinan dari ibunya yang abadi ini, merupakan sebutir bibit yang paling teguh dan ulet.

0 komentar

Posting Komentar