SELAMAT DATANG DI BLOG BUKU HARIAN SI JAKA. JANGAN LUPA KLIK LIKE DAN TINGGALKAN KOMENTAR YANG POSITIF. TERIMA KASIH

Followers

Translate

Sabtu, 23 Maret 2013

Fakta Pasar Malam

http://bukuhariansijaka.blogspot.com




Buku Harian Si Jaka - Kenapa ya disebut pasar malam? Apakah karena bazaar tersebut sering diadakan pada malam hari? Atau karena menunggu "konsumen" yang pulang kerja pada malam hari? Entahlah. Tapi yang jelas lebih banyak bazaar yang di gelar pada malam hari, dimana sebagian para pekerja "kantoran" sudah pada pulang semua. Fenomena pasar malam sudah sangat melekat di kalangan masyarakat, khususnya yang berada di wilayah pinggiran kota Jakarta. 



Didaerah saya juga sering di gelar pasar malam yang biasanya diadakan selama 30 hari. Berbagai macam dagangan mulai dari baju, sandal, tas, mainan anak, kaset dvd bahkan sering kita jumpai terdapat wahana permainan yang mirip dengan Dufan. Kalo pasar malam sudah nongol, anak saya rajin untuk menaiki wahana permainan tersebut. Bahkan saya juga ikut-ikutan naik (heehehe...).

Sebenarnya apa sih manfaat dari diadakannya pasar malam ini?. Sistem "jemput bola" mereka (penjual) terapkan untuk menyerap konsumen di pelosok. Karena dengan kegiatan seperti ini, masyarakat tidak perlu repot-repot untuk pergi ke pasar. Yang jelas minat dari masyarakat terhadap bazaar semacam ini tidak pernah surut. Meskipun hanya sekedar melihat-lihat (seperti saya ini), namun tak sedikit pula warga yang memang berniat untuk belanja di bazaar tersebut. Selain itu, masyarakat juga disuguhkan dengan berbagai wahana permainan yang bisa di bilang "lumayan" dari segi kualitas. Semua permainan dibuat mirip dengan wahana yang ada di Dufan. 

Harga barang yang ditawarkan pun relatif murah, tapi yang jelas kita harus pandai tawar menawar harga. 
Berdasar informasi yang saya peroleh dari lapangan, biasanya mereka memiliki semacam grup antar pedagang dengan wilayah jangkau yang berbeda-beda sesuai dengan kesepakatan. Dengan begitu, diharapkan tidak terjadi perebutan lahan antar sesama pedagang. 

Demikian artikel sederhana ini saya tulis hanya untuk mereview sedikit tentang pasar malam. Kalau ada yang mau menambahkan info atau sekedar berbagi pengalaman anda terkait pasar malam, silahkan share di blog ini.

Terima kasih semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar